Kebutuhan Asi Untuk Bayi Usia 0 - 12 Bulan

Ukuran atau jumlah takaran pemberian ASI sering kali menjadikan pertanyaan besar bagi para Bunda yang baru saja melahirkan, yang kebanyakan terjadi bahwa ASI pertama kali tidak lancar, atau sebagian juga mempunyai masalah bentuk puting yang sulit untuk bisa menyusui bayi secara langsung. Memang untuk kebutuhan ASI pada bayi sesaat setelah melahirkan hanya sedikit sesuai dengan ukuran lambungnya dan bisa dipastikan jumlahnya mampu untuk mencukupi kebutuhannya. Dan seiring dengan bertambahnya usia pada bayi, jumlah ASI yang akan diproduksi juga akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Kebutuhan Asi Untuk Bayi Usia 0 - 12 Bulan Bunda Sageta
Foto Ilustrasi Bayi Usia 0 - 12 Bulan



Permasalahan yang sering terjadi dan dialami adalah takaran yang pasti bagi Bunda yang harus memberikan ASI dengan melalui botol, baik itu dikarenakan bayi yang tidak mau menyusu secara langsung melalui puting, atau juga karena disebabkan tuntutan pekerjaan. 

Kebutuhan ASI untuk bayi Usia 0 - 1 Tahun.

Kebutuhan ASI untuk bayi Usia 1 Hari

Pada usia 1 hari, Bayi membutuhkan antara 5 sampai dengan 7 ml atau setara dengan satu sendok makan ASI sekali minum, dan diberikan dengan jarak kurang lebih sekitar 2 jam. Kebutuhan ASI pada bayi usia 1 bulan ini memang baru sedikit, dikarenakan ukuran lambung pada bayi usia ini setara dengan ukuran biji kemiri.

Kebutuhan ASI untuk bayi Usia 3 Hari

Pada usia 3 hari, Bayi membutuhkan antara 22 sampai 27 ml ASI untuk sekali minum, yang diberikan kisaran 8 sampai dengan 12 kali sehari atau hampir setara dengan satu gelas takar air untuk satu hari. Pada usia 1 hari ini lambung bayi berkembang setara dengan ukuran buah ceri atau buah anggur yang berukuran sedang.

Kebutuhan ASI untuk bayi Usia 1 Minggu

Pada usia 1 minggu, bayi membutuhkan ASI antara 45 sampai dengan 60 ml dalam sekali minum, dan bisa menghabiskan antara 400 sampai dengan 600 ml ASI atau setara dengan satu setengah gelas hingga dua setengah gelas takar air dalam waktu satu hari. Pada usia 1 minggu ini kebutuhan ASI meningkat dikarenakan adanya growth spurt (percepatan pertumbuhan) yang pertama pada bayi.

Kebutuhan ASI untuk bayi Usia 1 Bulan

Pada Usia 1 bulan, bayi membutuhkan ASI antara 80 sampai dengan 150 ml dalam sekali minum, dan diberikan antara 8 sampai dengan 12 kali dalam satu hari, dengan jeda minum antara 1,5 jam sampai dengan 2 jam pada siang hari dan pada jeda 3 jam pada malam hari.

Kebutuhan ASI untuk bayi Usia 6 Bulan

Pada usia 6 bulan, bayi masih tetap membutuhkan ASI kurang lebih 720 ml dalam satu hari, dan didukung dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Bunda disarankan untuk memanfaatkan ASI perah untuk mengencerkan MPASI (makanan pendamping ASI), sehingga rasanya sama dengan ASI.

Kebutuhan ASI untuk bayi Usia 7 Bulan

Pada usia 7 bulan, Bayi membutuhkan ASI kurang lebih 875 ml atau setara dengan 93% dari total kebutuhan asupan gizi pada bayi. 


Kebutuhan ASI untuk bayi Usia 12 Bulan

Untuk Kebutuhan ASI pada Bayi yang berusia 1 tahun akan menurun menjadi kurang lebih 550 ml dalam per hari. Dan pada usia ini, bayi diperbolehkan  mengonsumsi jenis makanan yang padat seperti makanan yang dimakan oleh orang dewasa. Disarankan untuk Bunda memberikan makanan yang lebih bervariasi, agar kebutuhan gizi bayi bisa terpenuhi. Dan yang paling penting agar Produksi ASI Perah Ibu tetap bisa mencukupi, konsumsilah makanan yang bergizi terutama jenis sayur dan buah secara teratur.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebutuhan Asi Untuk Bayi Usia 0 - 12 Bulan"

Posting Komentar