10 Obat Batuk Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

Pergantian musim sering menyebabkan Penyakit flu dan bisa menyerang siapa saja, termasuk juga pada ibu hamil. Hal ini tentu saja tidak terhindarkan, apalagi selama proses kehamilan, sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil lebih menurun dari yang biasanya sehingga sangat rentan terserang penyakit. Meskipun pada saat proses kehamilan Bunda tetap terus memperhatikan kesehatan, tetapi terkadang bisa muncul penyakit yang tiba-tiba datang dengan sendirinya, seperti batuk.

Ilustrasi Foto 10 Obat Batuk Alami yang Aman untuk Ibu Hamil Bunda Sageta
Ilustrasi Foto Ibu Hamil Sedang Batuk

Batuk saat proses kehamilan
tentu saja sangat mengganggu Apabila tidak segera diobati. Apalagi Bunda sering kali terbayang-bayang rasa takut memikirkan obat batuk apa yang aman untuk ibu hamil. Pasti Bunda bertanya, Apakah Flu Pada Ibu Hamil ini bisa Berbahaya Bagi Kandungan Apabila Tidak Segera Disembuhkan? Jawabnya iya, Flu pada ibu hamil ini akan membahayakan kesehatan pada janin apabila tidak segera ditangani secara serius. Risiko yang paling  utama adalah bisa terjadinya skizofrenia (Kelainan) pada anak Bunda yang akan dilahirkan kelak, terutama bila influenza ini menyerang pada ibu hamil selama 3 Bulan Pertama (trimester pertama) kehamilan.

Risiko lainnya apabila tidak segera ditangani adalah autisme, prematuritas dan bisa menyebabkan gangguan bipolar pada bayi. Apabila ibu hamil  menderita flu dalam waktu yang lama, maka bisa saja menyebabkan nyeri pada tenggorokan dan pada perut yang bisa merangsang kontraksi sehingga memicu kelahiran bayi prematur. Menurut dokter, ada beberapa obat batuk yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil di pasaran, akan tetapi sebetulnya tidak ada obat yang benar-benar 100% aman. Ada jenis obat-obatan tertentu yang justru malah akan memberikan efek samping kurang baik bagi janin.

Oleh Karena itu, Bunda juga perlu untuk mengetahui jenis obat batuk yang alami untuk ibu hamil sehingga Bunda dapat mengonsumsinya tanpa rasa khawatir dengan efek sampingnya. Cara Alami Menyembuhkan Batuk Saat Hamil.

10 Obat Batuk Alami yang Aman untuk Ibu Hamil


Berikut adalah cara alami yang bisa Bunda lakukan apabila mengalami batuk saat hamil :

1. Dengan Bawang putih


Bawang putih adalah obat alami untuk flu terutama batuk selama hamil. Konsumsi suplemen bawang putih setiap hari bisa mengurangi peluang terkena flu lebih dari 60 persen. Bagi mereka yang sedang sakit, bawang putih membantu untuk pulih lebih cepat. Selama proses kehamilan, sebaiknya  mengonsumsi 1 siung bawang putih mentah pada setiap kali makan. Apabila batuk semakin parah, disarankan mengonsumsi 1 siung bawang putih setiap 2 sampai 3 jam. Bagi BUnda yang kurang suka dengan baunya yang menyengat, bisa diakali dengan mengolesi bawang putih tersebut dengan madu. Mengapa dengan madu? Sebab madu ini bersifat anti bakteri, anti mikroba, dan anti septik, yang tentunya sangat bisa membantu mempercepat pemulihan pada batuk saat hamil.

2. Bawang merah


Bawang merah mentah ini memiliki yang namanya phytochemical yang bisa membantu menjaga saluran pernapasan terbuka. Tambahkan irisan bawang merah pada saat setiap kali makan atau Bunda bisa saja membuat jus bawang merah dicampur dengan madu. Minuimlah secara rutin supaya batuknya lekas sembuh.

3. Lemon dan jeruk nipis


Lemon dan jeruk nipis ini sangat kaya dengan vitamin C, memiliki sifat anti bakteri. Selain sangat alami dan efektif, lemon dan jeruk nipis adalah jenis obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Walaupun begitu, ibu hamil tetap harus mengikuti aturan pakai agar tidak mengurangi khasiatnya. Terlebih Khusus bagi ibu hamil yang sedang menderita penyakit lambung, sebaiknya wajib tetap untuk berhati-hati dalam mengonsumsi lemon dan jeruk nipis sesuai dengan takaran yang tepat sehingga tidak akan menyerang lambung. Ambilah 2 buah lemon / jeruk nipis, peraslah airnya. Setelah itu tambahkanlah kurang lebih 1 liter air, 1 sendok makan madu dan sejumput garam.  Minumlah sepanjang hari. Bunda Bisa juga dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan kecap manis dan minumlah secara teratur setiap hari. Bisa juga dengan cara lainnya, dengan membelah lemon menjadi 2 bagian, tambahkanlah sejumput lada hitam dan garam, lalu sesaplah lemon tersebut dan rasakan aroma harumnya.
  

4. Jahe


Mungkin tidak semuanya tahu bahwa Jahe bisa digunakan untuk meredakan tenggorokan dan sebagai obat batuk yang aman dan alami untuk ibu hamil. Caranya mudah kok, siapkan 2 ruas jahe, kemudian kupas sebelum Bunda mencucinya dengan air bersih dan lalu rebuslah dengan 2 gelas air. Setelah  airnya mendidih dan berkurang setengahnya dari jumlah awal, minum secara teratur 3 kali sehari sampai batuk Bunda hilang. 

5. Daun kemangi


Selain enak untuk lalapan, daun kemangi juga memiliki sifat yang baik untuk bisa meredakan batuk kering, sehingga bisa menjadi obat batuk yang alami dan aman untuk wanita hamil. Dengan Cara meminum secara teratur air dari rebusan daun kemangi tersebut 1 sendok teh saja setiap kali Bunda minum.

6. Daun seledri


Daun Seledri ini juga memiliki manfaat yang sama dengan daun kemangi. Bunda bisa merebusnya, akan tetapi kali ini harus ditambah dengan satu sendok makan madu agar rasanya lebih enak. Sampai saat ini, air dari rebusan seledri terbukti sangat efektif untuk bisa meredakan batuk bagi ibu hamil.

7. Daun sirih


Dengan merebus daun sirih lalu menambahkan beberapa potong jahe, kemudian meminum air rebusan tersebut secara teratur, juga bisa meredakan batuk bagi ibu hamil.

8. Garam laut


Berkumur dengan air garam yang hangat bisa mengurangi rasa gatal, nyeri, dan bengkak pada tenggorokan. Dengan Cara, memasukkan 1 sendok teh garam laut ke dalam 1 gelas air hangat, lalu mengaduk rata, dan gunakan untuk berkumur secara teratur. Apabila Bunda tidak suka dengan air garam, bisa menggantinya dengan bubuk kunyit secukupnya lalu dicampur dengan susu atau juga bisa dengan madu dan minum selagi hangat. Minumlah secara teratur agar batuk nya lekas sembuh.

9. Minyak kelapa


Minyak kelapa itu bersifat anti viral, anti bakteri, dan anti jamur. Bunda bisa menambahkan minyak kelapa pada menu masakan setiap hari atau dapat juga diminum langsung dengan tambahan 1 sendok makan madu. Dengan teratur batuk Bunda akan segera sembuh.


10. Sup ayam yang dibuat sendiri


Rebuslah kaldu tulang kedalam panci, ditambah bawang, seledri, wortel, jamur, potongan ayam dan peterseli. Jangan lupa masukkan garam laut untuk menambah rasa secukupnya. Sup ayam ini bisa membantu meredakan demam yang diakibatkan oleh flu dan bisa mengurangi rasa gatal pada tenggorokan, dan batukpun lama-lama akan menghilang.

Masih banyak informasi tentang obat batuk alami untuk ibu yang sedang hamil, dan mungkin ini hanya sebagiannya saja, semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan bagi pembaca, dan bisa bermanfaat bagi semuanya. Sekian dan Terimakasih




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Obat Batuk Alami yang Aman untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar